Keluhan & Masukan

IRMA menerima keluhan dan masukan dan keterlibatan dengan para pemangku kepentingan, mengenai semua kegiatan IRMA, baik secara anonim maupun tidak, dalam bahasa apa pun, termasuk masukan mengenai penilaian independen terhadap operasi pertambangan, dan Standar Pertambangan yang Bertanggung Jawab. Di tahun 2024, IRMA mulai melakukan pengawasan independen terhadap proses penyelesaian keluhan.

Masukan

Komentar umum, saran, dan permintaan klarifikasi selalu diterima di issues@responsiblemining.net.

Komentar yang spesifik terkait Standar IRMA untuk Pertambangan yang Bertanggung Jawab dapat dikirim ke alamat yang sama.

Keluhan

Jika Anda memiliki keluhan tentang apa pun yang terkait dengan proses IRMA, silakan gunakan salah satu metode yang dijelaskan di bagian “Pengajuan Keluhan”.

IRMA mendorong para pemangku kepentingan untuk terlibat langsung dengan pihak yang bertanggung jawab atas masalah yang menjadi pokok keluhan Anda. Setelah mengajukan keluhan Anda, selain mendaftarkannya, kami akan memberikan kontak yang sesuai dan menghubungkan Anda – apakah itu perusahaan tambang, perusahaan audit, atau IRMA sendiri.

Sejak tahun 2024, IRMA menggandeng Assurance Services International untuk secara independen mengawasi keluhan yang diterima. Jika sistem multi-pemangku kepentingan IRMA sendiri tidak cukup untuk memberikan tinjauan yang obyektif, ASI menyediakan tinjauan pihak ketiga.

Bantuan

Anda dapat menunjuk perwakilan atau penasihat untuk menemani Anda dalam mengajukan keluhan atau memberi masukan Anda kepada IRMA.

Anda dapat meminta bantuan penerjemahan dari Sekretariat IRMA. Kirimkan permintaan melalui email ke issues@responsiblemining.net.

Pengajuan Keluhan

IRMA WhatsApp QR code
Gunakan code berikut untuk menyampaikan keluhan anda kepada IRMA melalui WhatsApp

Anda dapat mengajukan keluhan, secara anonim atau tidak, dalam bahasa apa pun melalui salah satu dari empat cara berikut:

  • Melalui formulir online di bawah ini (lebih disukai).
  • Melalui email ke issues@responsiblemining.net, baik dengan formulir pengaduan maupun tanpa formulir pengaduan.
  • Melalui WhatsApp melalui teks atau suara dengan memindai kode di sebelah kanan. Nomor WhatsApp Business IRMA adalah +62 878 0400 5532.
  • Melalui pos ke
    113 Cherry St, #74985
    Seattle, Washington, 98104
    Amerika Serikat

CATATAN: Anda dapat mengajukan keluhan secara anonim. Tidak ada kolom di bawah ini yang wajib diisi. Namun, kurangnya informasi dapat memengaruhi kemampuan kami untuk menindaklanjuti keluhan dan proses penyelesaiannya.

Status Berkas Pengaduan

Berdasarkan Sistem Penyelesaian Masalah IRMA, IRMA berupaya membuat proses pengaduannya transparan untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan yang terkena dampak yang dapat membantu mendorong peningkatan praktik-praktik yang lebih baik di operasi pertambangan. IRMA menerima satu pengaduan tertulis pada tanggal 30 November 2022, namun izin untuk mempublikasikan pengaduan tersebut tidak diberikan. Keluhan yang tercantum di bawah ini telah disetujui oleh pelapor sebelum dipublikasikan.

Complaint ID Complainant Respondent(s) Date Submitted Status
IRMA-2024-001 SIRGE IRMA 10 April 2024 Updated
27 Jun 2024
IRMA-2024-002 Earthworks IRMA 16 April 2024 Concluded
17 Jul 2024

Apa yang Terjadi pada Keluhan Anda

Bagaimana Sistem Penyelesaian Masalah IRMA bekerja

Sistem Penyelesaian Masalah IRMA

 

Langkah 1: Diskusi Awaldengan Sekretariat IRMA

 

Langkah 2

 

Langkah 3

 

Perlindungan

 

Pengawasan Keluhan

 

Bantuan Mengangkat Masalah